PERAN DAN ETIKA DISTRIBUTOR DALAM PEMBERIAN HADIAH (PRODUK KOPI TORA BIKA) GUNA MENINGKATKAN DAYA BELI PAGUYUPAN PEMILIK WARUNG

Authors

  • Marminingsih, dkk Jurusan Syari’ah Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/q.v1i1.485

Abstract

In marketing activities, there are elements called the marketing mix that includes product, price and promotion, and one of the elements that were also very instrumental is a place in this case a distribution channel.In an effort to increase sales of its products, the company has a strategy that is by giving gifts to customers with certain conditions. Gift-giving is done by a distributor. Being a distributor must have the ability to sell a product. Not only a limited ability alone, ethics must be owned by a distributor.Based on research through interviews, distributor of coffee products Tora Bika has adopted the ethics promotion. Ethics used has been well received by consumers with evidence that many new customers who take the program prizes that have been awarded by the company. So ToraBika Coffee product sales increased.From the description above, the company is expected to add strategies such as gift order coffee products Tora Bika could be easily bought among consumers.
Dalam kegiatan pemasaran ada unsur-unsur yang dinamakan dengan marketing mix yang meliputi produk, price, dan promotion, dan salah satu dari unsur itu yang juga sangat berperan adalah place dalam hal ini merupakan saluran distribusi. Dalam upaya meningkatkan penjualan produknya, perusahaan ini memiliki strategi yaitu dengan memberikan hadiah kepada konsumen dengan syarat tertentu. Pemberian hadiah ini dilakukan oleh seorang distributor. Menjadi seorang distributor harus memiliki kemampuan dalam memasarkan suatu produk. Tidak hanya sebatas kemampuan saja, etika juga harus dimiliki oleh seorang
distributor. Berdasarkan penelitian melalui wawancara, distributor dari produk Kopi Tora Bika sudah menerapkan etika-etika promosi. Etika yang digunakan telah diterima baik oleh konsumen dengan bukti bahwa banyak konsumen baru yang mengikuti program hadiah yang telah diberikan perusahan. Sehingga penjualan produk Kopi Tora Bika meningkat. Dari uraian diatas, diharapkan perusahaan dapat menambah strategi-strategi seperti pemberian hadiah agar produk Kopi Tora Bika tetap aksis dikalangan konsumen/masyarakat.

Kata Kunci: etika distributor, pemberian hadiah, daya beli

References

Al-Bugha, Musthafa Dib.Buku Pintar Transaksi Syariah.Terj. Fakhri Ghafur. Jakarta: PT Mizan Publika, 2010.

Ar Rifa’i, Muhammad Nasib.Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir.Terj. Syihabuddin Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali.Shafwatut Tafasir; Tafsir-tafsir Pilihan (Jilid 1).Terj.Yasin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.

Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam 5.Terj. Abdul Hayyie al-Kattani, dkk. Jakarta: Gema Insani.

Daradjad, Zakiah, dkk, Dasar -dasar Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang,

Mardani.Ayat-ayat dan Hadis Ekonomi Syariah. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Mudjahidin, Akhmad, Ekonomi Islam, Jakarta, PT. Raja Grafindo, 2007.

Mudjahidin, Akhmad, Ekonomi Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2013, Edisi Revisi, Cet.2

Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1994.

Sarjono, Ahmad.2008. Buku ajar Fiqh. Jakarta :CV. Sindunata

Shihab, M. Quraish.Tafsir Al Mishbah Vol 15. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Suhendi, Hendi.Fiqih Muamalah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Syafe’i, Rachmat, Fiqh Muamalah, Bandung, 1997.

Zainuddin, A., Jamhari, Muhammad, Al-Islam 2, Bandung: CV. Pustaka Setia,

Downloads

Published

2017-01-30

How to Cite

Marminingsih, dkk. (2017). PERAN DAN ETIKA DISTRIBUTOR DALAM PEMBERIAN HADIAH (PRODUK KOPI TORA BIKA) GUNA MENINGKATKAN DAYA BELI PAGUYUPAN PEMILIK WARUNG. Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 1(1), 42–60. https://doi.org/10.30762/q.v1i1.485

Issue

Section

Articles