Analisis Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Dalam Prespektif Al Qur'an dan Hadits (Studi pada Masyarakat Kediri)

Authors

  • Khamim IAIN Kediri
  • Aulya Purwitasari Iain kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/qaw.v8i1.389

Keywords:

Plastic Bag Waste, Policy, Paid, Consumption

Abstract

Abstract
Kantong plastik menjadi permasalahan yang ada dimasyarakat, karena sering digunakan dengan faktor ringan, transparan, murah, praktis, dan tahan air. Indonesia juga menjadi negara penghasil limbah kantong plastik terbanyak. Permasalahan yang terjadi tersebut, pemerintah membuat kebijakan yaitu kebijakan kantong plastik berbayar sesuai dengan surat pemberitahuan No. S.1230/PSLB3-PS/2016. Kebijakan kantong plastik berbayar juga diterapkan di Kota Kediri. Untuk menganalisis kebijakan plastik berbayar yang dikeluarkan oleh pemerintah maka dalam penelitian ini difokuskan untuk menganalisis kebijakan kantong plastik berbayar dalam prespektif Al-qur’an dan Hadits yang terjadi di masyarakat Kota Kediri. Plastik merupakan bahan yang dapat mengendap dan dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan, seperti banjir. Kantong plastik juga dapat mengakibatkan penyakit karena dalam plastik mengandung Pemlastis Dioktilfalat (DOP) yang diketahui dari sifat toksisitas plastik berdasarkan pada uji karsinogenik. Bagi lingkungan, plastik juga memiliki dampak yaitu pada pencemaran lingkungan. selama ini konsumen secara gratis mendapatkan kantong plastik, maka sekarang konsumen harus membayar Rp 200,-. Penggabungan argumen agama sangat penting dalam membentuk keputusan kebijakan. Ajaran Allah SWT dan Hadist Nabi menekankan pentingnya mempraktikkan moderasi dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai pemeluk agama Islam, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menahan diri dari perilaku yang berlebihan, karena hal ini dianggap merugikan dan bertentangan dengan prinsip-prinsip memaksimalkan kemaslahatan dan meminimalkan kemudharatan..

References

Al-Bukhari, Muhammad, and others, ‘Sahih Al-Bukhari’ (Dar Ul-Hadith, 1978)

Al-Mubarakfuri, Shafiyyurrahman, and Abu Ihsan Al-Atsari, ‘Shahih Tafsir Ibnu Katsir’, 2011

Astuti,Arieyanti Dwi. “Penerapsan Kantong Plastik Berbayar Sebagai Upaya Mereduksi Pengguanaan Kantong Plastik”, Jurnal Litbang Vol. XII, No. 1 Juni 2016.

Gusmayanti, I, Ramadhani, S.A, Pengenaan Harga Kantong Plastik Sebagai Upaya Mereduksi Penggunaan Kantong Plastik di Depok Jawa Barat, Program Kreativitas Mahasiswa, Universitas Indonesia, Depok, 2011.

Ismiandini, Annisa Aurellia.“Implementasi Kebijakan Plastik Berbayar di Kota Cilegon”, Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, Vol.4, No.1, Juni 2020.

Kartikawan,Yudhi. Pengelolaan Persampahan, (Yogyakarta: Jurnal Lingkungan Hidup, 2007).

Lexy J. Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).

Muhammad Al-Bukhari and others, ‘Sahih Al-Bukhari’ (Dar Ul-Hadith, 1978).

Saraswaty, Amrita Nugraheni, "Kebijakan Publik dan Ritel Modern: Studi Kasus Pelaksanaan Kebijakan Plastik Berbayar”, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.1.

Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri and Abu Ihsan Al-Atsari, ‘Shahih Tafsir Ibnu Katsir’, 2011.

Yunita, Irda. “Analisis Implementasi Kebijakan Kantong Plastik Berbayar di Ritel Modern Banda Aceh”, Junal Serambi Engineering, Vol. IV, No.2, Juli 2019.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Khamim, K., & Purwitasari, A. (2024). Analisis Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Dalam Prespektif Al Qur’an dan Hadits (Studi pada Masyarakat Kediri). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.30762/qaw.v8i1.389

Issue

Section

Articles