PENGARUH HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ROTI NAF’A DI KECAMATAN KEPUNG KEDIRI (The Influence of Price and Halal Labels on The Interest of Buying Naf'a Bread in Kepung Kediri)

Authors

  • Abdul Wahab Ahmad Kholil IAIN Kediri
  • Muhamad Wildan Fawa’id; IAIN Kediri
  • Lailatul Hidayah IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.3421

Keywords:

Price, Halal Label, Buying Interest

Abstract

Bagi seorang muslim, halal adalah sebuah kewajiban. Konsumsi dalam hukum Islam, selain untuk memenuhi kebutuhan hidup juga mencerminkan pola hubungan dengan Allah SWT. Bahwa setiap pergerakannya dalam mengonsumsi, adalah manifesti zikir atas nama Allah SWT. Larangan konsumsi produk haram tidak hanya berdasarkan logika, tapi juga aspek sosial. Penelitian produk Roti naf’a ini menunjukkan variabel harga adalah aspek yang paling berpengaruh terhadap minat beli masyarakat dengan hasil yang diperoleh dengan nilai regresi linear berganda t hitung sebesar 2,170 dengan tingkat signifikan 0,005 lebih kecil dari 0,05 (0,005 > 0,05). Sedangkan label halal tidak berpengaruh positif terhadap minat beli produk roti Pia Naf’a. Penghitungan uji secara parsial diperoleh nilai t hitung yang didapatkan dari hasil penghitungan sebesar 1,907 dengan nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari taraf kesalahan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Faktor yang mempergaruhi minat beli tidak hanya diukur dari pencatuman label halal dalam kemasan, melainkan dari harga, rasa, dan merek.

For a Muslim, halal is an obligation. Consumption in Islamic law, apart from fulfilling the necessities of life, also reflects a pattern of relationship with Allah SWT. That every movement in consuming, is a manifestation of dhikr in the name of Allah SWT. The prohibition of consumption of haram products is not only based on logic, but also on social aspects. This research on Roti
naf'a products shows that the price variable is the most influential aspect of people's buying interest with the results obtained with the multiple linear regression value counting 2.170 with a significant level of 0.005 less than 0.05 (0.005> 0.05). Meanwhile, the halal label does not have a positive effect on buying interest in Pia Naf'a bread products. Partial calculation is obtained that
the calculation value obtained from the calculation results is 1.907 with a significance value of 0.005 which is smaller than the 5% error, so Ha is accepted and Ho is rejected. Factors affecting purchase intention are not only measured from the inclusion of halal labels on the packaging, but also from price, taste, and brand.

References

Anosa, M. Erick Fernando: “Penerbitan Label Halal Pada Produk Makanan Kemasan Berdasarkan Prinsip Hukum Islam Di Bandar Lampung”, Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung : Universitas lampung, 2018.

BPS Kabupaten Kediri, “Kecamatan Kepung Dalam Angka 2018”,UD. Anggraini. Cahyati, Rikka: “Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffe Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda”. Skripsi tidak diterbitkam. Samarinda: Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, 2016

Charity, May Lim: “Jaminan Produk Halal Di Indonesia (Halal Product Guarantee in Indonesia)”. Jurnal legislasi Indonesia, Vol. 14, No.1,

Maret 2017.

Gunawan, Ce: “Mahir Menguasai SPSS”, Yogyakarta: Deepublish,2018.

Hardani dkk, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, Cet.4.Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group,2020.

Herliani, Yeni: “Pengaruh Perilaku Konsumen dan Label Halal Produk Makanan Rumah Tangga Terhadap Keputusan Konsumsi Di Palangka Raya (Keluarga Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya)”. Skripsi tidak diterbitkan. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya, 2016

Indah Wahyu Utami, “Perilaku Konsumen”, Surakarta: CV Pustaka bengawan,2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa,2008 Kemenag RI, “Al-Qur’an dan Terjemahnya”.

Khomariyah, Nurul: “Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding dan product Ingredients Terhadap Minat beli Produk Luwat White Koffie (Studi Pada Masyarakat desa Putatsewu, Jati tengah, Sukodono, Sragen)”, Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : IAIN Surakarta,2017.

Kumalasari, Reni: “Pengaruh Harga dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Al Wahida Indonesia

(HPAI) (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Porogo)”. Skripsi tidak diterbitkan. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2019.

Kusharyadi, Fajar Ari: “Analisis Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Santri Pondok Pesantren Darul Irfan Kota Serang”. Skripsi tidak diterbitkan. Serang: UIN Sultan Hasanuddin Banten, 2018

Lubis, Faradillah: “Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Pada Masyarakat Kota Palembang”. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: UIN Raden Fatah.2017

Oktaviani, Nicky: “Pengaruh Label Halal dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Pada Masyarakat Muslim Kota Metro)”, Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Institut Agama Islam Negeri Metro, 2019.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 Tentang Label Pangan Olahan, https://standarpangan.pom.go.id

(diunduh pada tanggal 15 Juli 2020 pukul 18.58 WIB)

Priyono, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Edisi Revisi. Surabaya: Zifatama Publishing,2016.

Retno Widyaningrum, “Statistika”, (Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2015), hal.204-208

Salinan: Undang-undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

Simatupang, Aldi Pratama: “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pizza Hut Kota Medan)”,Skripsi tidak

diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara, 2018.

Sri Sudiarti, “Fiqh Muamalah Kontemporer”, Sumatra Utara: FEBI UIN-SU Press, 2018.

Syofian Siregar, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Cet.4. Jakarta:Kencana,2017.

Tajrifah ,Husnul: “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembeli Produk KFC (Studi Pada Produk KFC Hertasning di Kota Makassar) Di Kecamatan Kepung Kediri P-ISSN: 2598-3156 E-ISSN: 2622-8661 JURNAL QAWANIN VOL. 5 NO. 1 JANUARI - JUNI 2021 82 Skripsi tidak diterbitkan. Gowa: UIN Alauddin Makassar, 2017.

Wibowo dan Mandusari, “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota pekalongan”, Indonesia Journal Of Halal, ISSN: 2623-162X

Widodo, Tri: “Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie”. Skripsi tidak diterbitkan.Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Zulham, “Hukum Perlindungan Konsumen”, Jakarta: Kencana,2013.

___________, “Peran Negara Dalam Perlindungan Konsumen Muslim Terhadap Produk Halal”, Jakarta: Kencana,2018.

https://www.halalmui.org

Dharmmesta, Basu Swastha: “Strategi Penetapan Harga”, diunduh dari widyo.staff.gunadarma.ac.id (pada tanggal 16 Juli 2020 Pukul 21.50 WIB)

Pasal 10 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan , jdih.pom.go.id (diunduh pada tanggal 16 Juli 2020 pukul 07.20 WIB)

Pasal 11 ayat 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan , jdih.pom.go.id (diunduh pada tanggal 16 Juli 2020 pukul 07.20 WIB)

Pasal 11 ayat 2 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan , jdih.pom.go.id (diunduh pada tanggal 16 Juli 2020 pukul 07.20 WIB)

Downloads

Published

2021-01-24

How to Cite

Abdul Wahab Ahmad Kholil, Muhamad Wildan Fawa’id;, & Lailatul Hidayah. (2021). PENGARUH HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ROTI NAF’A DI KECAMATAN KEPUNG KEDIRI (The Influence of Price and Halal Labels on The Interest of Buying Naf’a Bread in Kepung Kediri). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.3421

Issue

Section

Articles