Studi Pemikiran Ketatanegaraan Imam al-Mawardi

Authors

  • Fenolia Intan Saputri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Moch Choirul Rizal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/vjhtn.v1i1.157

Keywords:

Ketatanegaraan, Imam al-Mawardi

Abstract

Imam Abu al-Hasan Ali bin Muhammad al-Mawardi termasuk penulis yang produktif dan beliau meninggalkan banyak sekali tulisan-tulisan yang terkumpul dalam beberapa buku. Dalam bidang fiqh siyasah atau politik, karya yang termasyhur adalah al-Ahkam as-Sulthaniyyah Fi Al-Wailaayah Ad-Diniiyyah yang kemudian diterjemahkan dengan judul buku “Hukum-Hukum Penyelenggaraan Negara dalam Syari’at Islam”. Studi konseptual ini menelaah bagaimana pemikiran-pemikiran Imam al-Mawardi dalam konteks kekinian dengan menilik pada pendapat-pendapat para ilmuwan yang sebidang. Hasil studi telaah pemikiran tokoh ini menemukan bahwa walaupun berada dalam suatu sistem pemerintahan monarki, diantaranya, Imam al-Mawardi tetap menganggap rakyat berhak untuk melakukan pemakzulan terhadap raja yang sudah tidak lagi cakap untuk memimpin.

References

Al-Jabiri, Muhammad ‘Abid. Ad-Din Wa Ad-Daulah Wa Tathbiq Asy-Syari’ah (Agama, Negara, Dan Penerapan Syari’ah). Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2001.

Al-Mawardi, Imam. Al-Ahkam as-Sulthaniyyah Fi Al-Wailaayah Ad-Diniiyyah (Hukum-Hukum Penyelenggaraan Negara Dalam Syari’at Islam). Jakarta: Darul Falah, 2006.

Djaelani, Abdul Qadir. Negara Ideal Menurut Konsepsi Islam. Surabaya: Bina Ilmu, 1995.

Djazuli, A. Fiqh Jinayah (Upaya Menanggulangi Kejahatan Dalam Islam). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2000.

Djazuli, A. Fiqh Siyasah: Implementasi Kemaslahatan Umat Dalam Rambu-Rambu Syari’ah. Jakarta: Kencana, 2007.

Iqbal, Muhammad. Fiqh Siyasah: Kontekstualisasi Doktrin Politik Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Iqbal, Muhammad, and Amin Husein Nasution. Pemikiran Politik Islam Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer. Jakarta: Kencana, 2010.

Kamal, Zainun, Olaf Schumann, Nurul Agustina, and Julia Howell. Negara, Dan Civil Society: Gerakan Dan Pemikiran Islam Kontemporer. Jakarta: Paramadina, 2005.

Nata, Abudin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2001.

Rasjid, Sulaiman. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Sjadzali, Munawir. Islam Dan Tata Negara: Ajaran, Sejarah, Dan Pemikiran. Jakarta: Universitas Indonesia, 1990.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Saputri, F. I., & Rizal, M. C. (2022). Studi Pemikiran Ketatanegaraan Imam al-Mawardi. Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 17–34. https://doi.org/10.30762/vjhtn.v1i1.157

Issue

Section

Artikel