Kebijakan Jurnal

 

Ruang Lingkup:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara merupakan media penyebaran pemikiran dan/atau hasil penelitian para akademisi dan praktisi di bidang hukum tata negara yang meliputi dasar-dasar hukum tata negara, sejarah dan perkembangan konstitusi, sistem pemerintahan, demokrasi dan negara hukum, kelembagaan negara, sistem perundang-undangan, kepemiluan, keuangan negara, otonomi daerah, hak asasi manusia, maupun hukum administrasi negara.

Frekuensi Terbitan:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara terbit dalam 2 (dua) nomor dalam setahun: Juni dan Desember. Untuk setiap nomor terbitan, Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara menerbitkan 5 (lima) sampai dengan 10 (sepuluh) artikel.

Penyaringan Plagiarisme:

Editor akan menjalankan pemeriksaan plagiarisme menggunakan Turnitin untuk artikel yang dikirimkan sebelum mengirimkannya ke mitra bestari (reviewer). Kami tidak memproses konten yang dijiplak. Jika sebuah artikel memiliki plagiarisme lebih dari 35% berdasarkan hasil pemeriksaan, maka artikel tersebut akan ditolak.

Proses Peninjauan:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara hanya menerbitkan artikel yang mengikuti pedoman yang diberikan (unduh template). Artikel yang dikirimkan akan melalui proses review oleh pemimpin redaksi (editor in chief), editor, dan dilanjutkan ke mitra bestari (reviewer). Seluruh artikel Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara akan ditinjau minimal oleh satu mitra bestari (blind peer-review). Hasil tinjauan akan memberikan pertimbangan untuk memutuskan apakah artikel tersebut diterima, direvisi, atau ditolak. Aspek yang dinilai redaksi adalah orisinalitas artikel, kejelasan penyajian, dan kontribusinya.

Kebijakan Akses Terbuka:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua konten dapat langsung diunduh di situs open journal system yang kami kelola tanpa registrasi apapun.

Biaya Pemrosesan Artikel:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara menerima kiriman artikel dan tidak membebankan biaya pemrosesan artikel dan biaya publikasi artikel. Untuk perpustakaan atau individu, mengakses artikel yang diterbitkan tidak memerlukan biaya dan tidak ada langganan. Untuk berlangganan edisi cetak, silakan hubungi tim kami.

Pengarsipan:

Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara menggunakan sistem LOCKSS dan CLOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan. Semua konten di Arsip CLOCKSS dan Jaringan LOCKSS Global disimpan dengan izin penerbit yang jelas, diamankan melalui kontrak tertulis atau melalui pernyataan izin online. Kami bekerja sama dengan pelaksana jaringan LOCKSS untuk memfasilitasi pengembangan tata kelola dan persyaratan hukum yang sesuai dengan konten yang terlibat, yurisdiksi, hak, dan keterjangkauan akses. Pekerjaan kami juga dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.