STRATEGI PEMERINTAH KOTA KEDIRI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELAUI PRODAMAS (Studi Penelitian di Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan di Desa Tamanan RT 01 RW 03)

Authors

  • Ahmad Farhan A.A, dkk. PROGAM STUDI EKONOMI SYARIAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.30762/q.v1i2.512

Keywords:

government strategy, social welfare and Prodamas

Abstract

Prodamas adalah salah satu progam andalan pemerintah kota kediri dalam meningkatkat kesejahteraan masyarakatnya, karena sistem prodamas yaitu memberikan bantuan dalam bentuk infrastuktur, sosial dan ekonomi yang senilai 50 jt per tahun yang di berikan ke setiap wilayah rukun tetangga (RT) di kawasan kota kediri. Penelitian ini di lakukan di Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri dengan tujuan yaitu untuk mengetahui sejauh mana strategi pemerintah kota kediri melaui Progam Fasilitas Pemberdayaan Masyarakat (PRODAMAS) dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat kota kediri. Hasil penelitian menjunjukan, pelaksanaan progam prodamas sudah berjalan dengan cukup baik di wilayah RT se-kota kediri karena penerapan sistem prodamas tidak serta merta memberikan bantuan dana yang di berikan secara langsung sebesar 50 jt ke setiap RT, tetapi melaui beberapa proses tertentu yang di lakukan masyarakat RT dengan mengadakan musyawarah bersama, sehingga prodamas tidak memberikan dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk barang dari hasil musyawarah yang telah di setujui oleh warga RT. Selain itu untuk mengantisi pasi penyelewengan dana maka di bentuklah beberapa tim koordinasi yaitu tim koordinasi tingkat kota, tim koordinasi tingkat kecamatan, tim koordinasi tingkat kelurahan, tim swakelola dan pendamping.

Prodamas is one of the mainstays of government programs Kediri in increasing welfare, because prodamas system that provides assistance in the form of infrastructure, social and economic worth 50 million Rupiah per year that is given to each area of the neighborhood (RT) in the area of Kediri. The research was conducted at the Community Development Office of Kediri with the aim of which is to determine the extent of the Kedirigovernment's strategyProgram through Community Empowerment Facility (Prodamas) in creating public welfare Kediri. Results of the research shows the implementation of the prodamasprogram has already worked quite well in all entire RT in Kediri because it was the application of the system prodamas did not necessarily provide financial assistance that is provided directly by 50Million Rupiah to each RT, but through some specific processes in RT community do to hold deliberations together, so prodamasdid not give in the form of cash but in kind from the results of consultation that has been approved by the citizens of RT. In addition, to anticipate the misappropriation of funds, in the form a coordination team that some city-level coordination team, team coordination sub-district, sub-district level coordination team, self-managed teams and company.

References

Anonimous, “Kegiatan Proda Mas”, http://kedirikota.go.id/prodamas/bandar_kidul/45, diakses pada 17 Februari

David, Fred R., Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2004.

Guzman, Leonora Serafica, Fundamentals of Social Work, Manila: Schools of Social Work Association of the Philippiness, 1983.

Hariadi, Bambang, Strategi Manajemen, Jakarta: Bayumedia Publishing, 2005.

J. Salusu, Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Nonprofit, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996

Lawrence R., Jauch & Glueck William F., Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan, Jakarta: Erlangga, 1989.

Schendel dan Charles Hofer, Higgins, Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk organisasi public dan Organisasi Non Profit, Jakarta: Grasindo, 1985.

Serafica Guzman, Leonora, Fundamentals of Social Work, Manila: Schools of Social Work Association of the Philippiness, 1983.

Undang-undang No 11 Tahun 2009, tentang Kesejahteraan Masyarakat

Downloads

Published

2017-12-25

How to Cite

Ahmad Farhan A.A, dkk. (2017). STRATEGI PEMERINTAH KOTA KEDIRI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELAUI PRODAMAS (Studi Penelitian di Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan di Desa Tamanan RT 01 RW 03). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 1(2), 38–67. https://doi.org/10.30762/q.v1i2.512

Issue

Section

Articles