PELAYANAN JASA PIJAT TUNA NETRA TERHADAP PELANGGAN

Authors

  • Dewi Suci Lestari, dkk Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/q.v2i1.1046

Keywords:

Service company, Blind People Massage

Abstract

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan kata lain, perusahaan jasa menjual “barang” tidak berwujud. Panti Pijat Tunanetra Cabang Kediri merupakan salah satu Perusahaan Jasa di bidang Kesehatan. Pijat adalah penekanan pada bagian-bagian tubuh tertentu dengan tujuan untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita dan mengembalikan tubuh menjadi segar bugar kembali. Pelayanan merupakan aktivitas tambahan di luar tugas pokok yang diberikan kepada konsumen serta dirasakan baik sebagai penghargaan maupun penghormatan. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah sudah terlaksana dengan baik mengenai pelayanan dan pemberian upah pada Panti Pijat Tunanetra Cabang Kediri.Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat perspektif analitik yang berlokasi di Panti Pijat Tunanetra Cabang Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara.Masalah yang ada dalam penelitian ini kemudian di analisis dengan pendekatan normatif dan analisis deduktif-induktif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan dan pemberian upah pada Panti Pijat Tunanetra Cabang Kediri sudah dilakukan dengan baik.

Service company is a company that sells services to meet the needs of consumers. In other words, service companies selling "stuff" intangible”. Blind People Massage Kediri is one of the company in the field of Health. Massage is an muscular emphasis on certain parts of the body with the aim to eliminate the pain and brings the body back into good shape. Services are additional activities out of the main tasks given to the consumer as well as the perceived either as a appreciation or respect. The purpose of this study was to determine whether performing well regarding service and remuneration at the Blind Massage Kediri. This type of research is qualitative research. So this research is a field of research that is both analytic perspective which is located in Kediri Blind Massage. Methods of data collection using interviews. The existing problems in this study then analyzed the normative approach and deductive-inductive analysis. The results of this study can be concluded that the service and remuneration at the Blind Massage Kediri have done much better.

References

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Surabaya: Mahkota, 1990 ).

Hasan, Ali, Berbagai macam transaksi Dalam Islam: Fiqh Muamalat (Semarang: Asy- Syifa’, 1990).

Huda, Nurul, Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teoritis (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)

Idri, Hadis Ekonomi dalam Prespektif Hadis Nabi, (Jakarta: Prenada Media,2015).

Karim, Helmi, Fiqh Mu'amalah (Jakarta : Rajawali Pers, 1997).

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, (Jakarta: Salemba Empat, 2005).

Suhendi, Hendi, Fiqih Muamalah (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)

Downloads

Published

2018-01-27

How to Cite

Dewi Suci Lestari, dkk. (2018). PELAYANAN JASA PIJAT TUNA NETRA TERHADAP PELANGGAN. Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 2(1), 37–52. https://doi.org/10.30762/q.v2i1.1046

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.