PERILAKU PEDAGANG UNGGAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (The Behavior of Poultry Traders Viewed from Islamic Business Ethics Perspective)

Authors

  • Alwi Musa Muzaiyin Fakultas Syari’ah IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.2945

Keywords:

Trader Behavior, Poultry, Ethics, Islamic Business

Abstract

Perdagangan merupakan bentuk usaha yang banyak dijalankan oleh manusia diseluruh dunia, mulai dari berdagang berbagai macam kebutuhan hidup sehari-hari atau kebutuhan primer, sampai menjual kebutuhan akan barang mewah demi kepuasan manusia. Di sini peneliti akan membahas tentang perdagangan unggas; dimana setiap harinya terdapat jutaan pedagang unggas
yang berdagang di pasar. Dari besarnya jumlah pedagang tersebut tentunya tidak semuanya mempunyai perilaku sesuai dengan etika maupun aturan dalam berdagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pedagang unggas ditinjau dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitusuatu pengujian secara rinci terhadap suatu latar atau satu orang objek, satu keadaan, tempat penyimpanandokumen atau peristiwa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode interview/wawancara, observasi/ pengamatan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data atau penyederhanaanya (data reduction), paparan atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclucion). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada dasarnya para pedagang unggas yang ada di Pasar sepenuhnya melakukan suatu aktifitas dagangnya yang sesuai dengan ajaran Islam. Karena di sana telah ditemukan perilaku-perilaku dari beberapa oknum pedagang yang menyimpang dari akidah Islam, yakni bertentangan dengan al-Qur’an dan Hadits. Diantaranya adalah adanya
pedagang yang menjual ayam tiren (mati kemaren) kepada para penadah untuk dijual kembali dalam bentuk mentah maupun makanan matang. Selain itu ada juga pedagang yang melakukan penyiksaan kepada unggas dengan mencabuti bulu unggas yang masih hidup untuk dijual bulunya kepada penadah untuk diolah menjadi shuttlecock. Selanjutnya mencegat pedagang lain
maupun masyarakat yang ingin menjual unggasnya ke pasar untuk memasuki pasar, dan juga adanya pedagang yang menjual ayam jantan untuk digunakan berbuat maksiat berupa sabung ayam. Tetapi di lain sisi masih banyak pedagang yang berperilaku sesuai dengan etika bisnis Islam. Yaitu dengan mengedepankan kejujuran, keterbukaan, sopan santun dan juga adanya sifat
saling menghormati dan menghargai antar sesama pedagang. Dan tentunya sifat-sifat tersebut sesuai dengan dalil-dalil al-Qur’an dan juga tuntunan-tuntunan di dalam Hadits.

Trade is a form of business that is widely carried out by humans throughout the world, starting from trading various kinds of daily necessities or primary needs, to selling the need for luxury goods for human satisfaction. Here the researcher will discuss the poultry trade; where every day there are millions of poultry traders who trade in the market. Of the large number of traders, of course, not all of them have behavior in accordance with the ethics and rules of trading. This study aims to determine how the behavior of poultry traders is viewed from the perspective of Islamic business ethics. This research uses a qualitative approach, while the research used is a case study, which is a detailed examination of a setting or an object, a situation, a place to store documents or events. The data collection method uses interview / interview, observation/observation and documentation methods. Data analysis using data reduction or simplification (data reduction), exposure or data presentation (data display), and drawing conclusions (conclusions). The results of the study revealed that basically the poultry traders in the market fully carry out their trading activities in accordance with Islamic teachings. Because there have been found the behaviors of some unscrupulous traders who deviate from the Islamic faith, which is contrary to the Al-Qur'an and Hadith. Among them are traders who sell tiren chickens (died yesterday) to traders for resale in raw or cooked food. In addition, there are also traders who torture poultry by plucking the feathers of living birds to sell their feathers to collectors to be processed into shuttlecocks. Then intercept other traders and people who want to sell their poultry to the market to enter the market, and there are also traders who sell roosters to be used for immoral acts in the form of cock fighting. But on the other hand, there are still many traders who behave in accordance with Islamic business ethics. Namely by promoting honesty, openness, courtesy and also the nature of mutual respect and respect among fellow traders. And of course these characteristics are in accordance with the arguments of al-Qur'an and also the guides in the Hadith.

References

Al-Bukhari. Shahih al-Bukhari: Kitab aladab. Beirut: Dar la-Fikr, 1994, 7, 124.

Al-Bukhari. Shahih al-Bukhari: Kitab albuyu’. Beirut: Dar la-Fikr, 1994, 3, 37.

Arifin, Imron. Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimashada, 1996.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta, 2002.

Choir, “Etika Bisnis Islam”,(on line). 7 April 2010. (http://zonaekis.com/etikabisnis-islami/, diakses tanggal 14 April 2012.)

Fauroni, R. Lukman. Etika Bisnis Dalam alQur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Gamal,Merza. Aktifitas Ekonomi Syariah. Pekanbaru:Unri Prees, 2004 Gufron, Fiqh Muamalah Konsektual. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Pwersada,2000.

Issa Beekum, Rafik. Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Jumanatul ‘Ali AlQur’an dan Terjemahannya. Bandung:

CV Penerbit J-Art, 2005.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Muhammad, Etika Bisnis Islam Pendekatan Substantif dan Fungsional. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2002.

Muhammad. Etika dan Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam.Yogyakarta: BPFE, 2004.

Muhammad. Metodologi, Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: UPFE UMY, 2003.

Muslich. Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Ekonosia, 2004. Narbuko, Cholid dan Abu Ahmad. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Qardhawi, Yusuf. Halal Haram Dalam Islam. Solo:Darul Ma’rifah, 2007.

Q.S al Baqarah (2): 188.

Sudjana, Nana. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 1989.

Sulchan, Yasin. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: CV. Putra Karya.

Umar, Husein. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Grapindo Persada, 2003.

Yusuf, Muhammad As-Sayyid dan Ahmad Durrah. Manhaj al-Qur’an dan alKarim fi Islah al Mujtama’, Qasas alIlm fi al-Qur’an.

FansRosul, “Cara Berdagang Rasulullah SAW”, (on line).(http://caramuhammad.com/perilaku/caraberdagang-rasulullah-saw/, diakses

pada tanggal 25 Juni 2012).

http://www.syadiashare.com/jenis-jenispasar.html, 30 maret 2010, diakses tanggal 11 januari 2012.

Jamal, Abdul Basith “Bahaya Memakan Bangkai, Darah dan Daging Babi”, (online). 5 Agustus 2011.

(http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/, diakses tanggal 22 Juni 2012).

Lembaga Pendekatan Madzhab-Madzhab Islam, “Karakter Bangsa yang Unggul Menurut Islam”, (on line).(http://www.taqrib.info/indonesia/index.php?option=com_content&view=article&id, diakses pada tanggal 27 Juni 2012).

Pangeran Putra Mahkota, “Jual Beli Dan Macam-Macamnya”, (on line). 29 Maret 2011. (http://fiqihpangeran377.blogspot.com/2011/03/ju

al-beli-dan-macammacamnya.html#!/2011/03/, diakses tanggal 22 Juni 2012).

Sariman, “Larangan Menimbun dan Monopoli”, (on line). 25 Mei 2011. (http://imanfreedom.blogspot.com/,diakses tanggal 21 April 2012)

Downloads

Published

2021-01-24

How to Cite

Alwi Musa Muzaiyin. (2021). PERILAKU PEDAGANG UNGGAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (The Behavior of Poultry Traders Viewed from Islamic Business Ethics Perspective). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 5(1), 33–52. https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.2945

Issue

Section

Articles