TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HOLISTIK HADIS ANTARADHIN)

ONLINE BUYING TRANSACTIONS IN HADIS PERSPECTIVE (HOLISTIC STUDY OF ANTARADHIN HADITS)

Authors

  • Muhammad Anwar Idris UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30762/qawanin.v6i1.79%20

Keywords:

Keywords: Buying and selling, Online, Hadith, Fraud.

Abstract

Abstrak

Artikel ini membahas tentang transaksi jual beli online dalam perspektif hadis. Jual beli online merupakan sebuah transaksi modern yang ada pada era saat ini. Praktik jual beli online tidak hanya menguntukan penjual dan pembeli, namun ada elemen-elemen yang lain yang diuntukan. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui hadis-hadis jual beli online, kajian holistic, pesan hadis serta implementasinya dalam kehidupan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersumber dari hadis maupun sumber-sumber yang berkaitan dengan jual beli kemudian penelitian ini menggunakan metode ma’anil hadis yang terfokus pada hadis antaradhin. Hasil dari artikel ini menyatakan bahwa dalam transaksi jual beli memberikan kemudahan bagi khalayak umum, akad yang digunakan ialah akad bai- as-salam. Adanya hadis “jual beli harus beradasarkan suka sama suka” sehendaknya diterapkan dalam transaksi jual beli online agar tidak terjadi penipuan yang pada akhirnya menimbulka kerugian antar kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli.

Kata kunci: Jual beli, Online, Hadis, Penipuan.

Abstract

This article discusses online buying and selling transactions from the hadith perspective. Buying and selling online is a modern transaction that exists in the current era. The practice of buying and selling online does not only interest sellers and buyers, but there are other elements that are intended. The purpose of this article is to look at the traditions of buying and selling online, holistic studies, hadith messages and their implementation in social life. This research is a literature research that comes from hadith or sources related to buying and selling. Then the research uses the ma'anil hadith method which focuses on interadhin hadith. The results of this general article state that in buying and selling transactions that make it easier for the public, the contract used is the bai-as-salam contract. The existence of the hadith "buying and selling must be on a consensual basis" should be applied in online buying and selling transactions so that fraud does not occur which ultimately causes losses between both the seller and the buyer.

Keywords: Buying and selling, Online, Hadith, Fraud.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustiwi, Suwari Akhmaddhian dan Asri. “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Secara Elektronik Di Indonesia.” UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum 3, no. 2 (22 Maret 2018): 40–60. doi:10.25134/unifikasi.v3i2.409.

Alawi, M. Tholib. “Aspek Tadlis Pada Sitem Jual Beli: Analisis pada Praktik Jual Beli Pulsa Listrik (Token) Prabayar.” Jurnal Baabu Al-Ilmi 2, no. 1 (2017).

Alwafi, Fachrizi, dan Rizal Hari Magnadi. “Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com.” Diponegoro Journal of Management 5, no. 2 (2016): 134–48.

Ardhinata, Ahliwan, dan Sunan Fanani. “Keridhaan (Antaradhin) dalam Jual Beli Online (Studi Kasus UD. Kuntajaya Kabupaten Gresik).” Jestt 2, no. 1 (2015).

Astuti, Dahrami. “Persepsi Masyarakat Terhadap Akad Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Syari’ah.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syari’ah 1, no. 1 (2018).

Budhi, Galih Setiyo. “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 1, no. 2 (26 Mei 2016): 78–83. doi:10.21831/elinvo.v1i2.10880.

Fathoni, Nur. “Konsep Jual Beli dalam Fatwa DSN-MUI.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 4, no. 1 (31 Mei 2013): 51–82. doi:10.21580/economica.2013.4.1.773.

Fitria, Tira Nur. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 3, no. 01 (31 Maret 2017): 52–62. doi:10.29040/jiei.v3i01.99.

Ghani, Eka Nuraini Rachmawati & Ab Mumin bin Ab. “Akad Jual Beli Dalam Perspektif Fikih dan Praktiknya di Pasar Modal Indonesia.” AL-’ADALAH 12, no. 2 (2015): 785–806. doi:10.24042/adalah.v12i2.214.

Ghozi, Ibnu Qasim. Fath Al-Qarib. Surabaya: Nurul Huda, t.t.

Hendiana, Runto, dan Ahmad Dasuki Aly. “Transaksi Jual Beli Online Perspektif Ekonomi Islam.” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 2 (10 April 2016). doi:10.24235/jm.v3i2.440.

Mujiatun, Siti. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam : Salam Dan Istisna’.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 13, no. 2 (3 Juli 2014): 202. doi:10.30596/jrab.v13i2.149.

Mulyadi, Dudung. “Unsur-Unsur Penipuan Dalam Pasal 378 KUHP Dikaitkan Dengan Jual Beli Tanah.” Unigal 5, no. 2 (2017).

Muslim, Imam. Sahih Muslim. Beirut: Dar Al-Fikr, t.t.

Pekerti, Retno Dyah, dan Eliada Herwiyanti. “Transaksi Jual Beli Online dalam Perspektif Syariah Madzhab Asy-Syafi’i.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi 20, no. 2 (21 Maret 2018). http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1108.

Putra, Muhammad Deni. “Jual Beli On-Line Berbasis Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research 3, no. 1 (4 Juni 2019): 83. doi:10.30631/iltizam.v3i1.288.

Rahman, Abdul, dan Rizki Yudhi Dewantara. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online” (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli ‘Z’).” Jurnal Administrasi Bisnis 52, no. 1 (11 Februari 2017): 1-7–7.

Rahman, Aulia Fuad, dan Ridha Rochmanika. “Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, Dan Rasio Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia.” IQTISHODUNA 0, no. 0 (9 April 2012). doi:10.18860/iq.v0i0.1768.

Saragih, Hoga, dan Rizky Ramdhany. “Pengaruh Intensi Pelanggan dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus.” Jurnal Sistem Informasi 8, no. 2 (2012): 100–112. doi:10.21609/jsi.v8i2.331.

Shobirin. “Jual Beli dalam Pandangan Islam.” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 3, no. 2 (2015).

Sugara, Anang, dan Rizki Yudhi Dewantara. “Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen ‘Z’).” Jurnal Administrasi Bisnis 52, no. 1 (11 Februari 2017): 8-15–15.

Sumenge, Melisa. “Penipuan Menggunakan Media Internet Berupa Jual-Beli Online.” LEX CRIMEN 2, no. 4 (12 November 2013). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexcrimen/article/view/3093.

Susiawati, Wati. “Jual Beli dan dalam Konteks Kekinian.” Jurnal Ekonomi Islam 8, no. 02 (2017): 171–84.

Yunus, Firdaus M. “Konflik Agama di Indonesia Problem dan Solusi Pemecahannya.” Substantia: Jurnal Ilmu-ilmu Ushuluddin 16, no. 2 (2014): 217–28.

https://carihadis.com/Sunan_Ibnu_Majah/2176. Diakses pada 7 Januari 2021.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Idris, M. A. (2022). TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN HOLISTIK HADIS ANTARADHIN): ONLINE BUYING TRANSACTIONS IN HADIS PERSPECTIVE (HOLISTIC STUDY OF ANTARADHIN HADITS). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 6(1), 107–123. https://doi.org/10.30762/qawanin.v6i1.79

Issue

Section

Articles