PRAKTIK PENGELOLAAN PRINSIP SYARIAH DI HOTEL ANDITA SYARIAH SURABAYA BERDASARKAN FATWA DSN-MUI NOMOR 108/DSN-MUI/X/2016 (Sharia Principles Management Practices at Andita Syariah Hotel Surabaya Based On DSN-MUI Fatwa Number 108/DSN-MUI/X/2016)

Authors

  • Muflihatul Bariroh Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30762/q.v4i1.1965

Keywords:

Sharia business, Sharia hotel, DSN-MUI fatwa

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena banyak bermunculan hotel berlabel syariah yang ada di Indonesia, tetapi diindikasikasikan hanya sedikit yang memenuhi kriteria hotel syariah dalam fatwa DSN-MUI No.108/DSN-MUI/X/2016, sehingga tidak memiliki sertifikasi halal termasuk hotel Andita Syariah Surabaya. Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan konsep syariah menurut pengelola hotel Andita Syariah, menjelaskan penerapan prinsip syariah di hotel Andita Syariah serta menganalisis praktik pengelolaan di hotel Andita Syariah berdasarkan fatwa. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan oleh penulis sebagai metode dalam penelitian melalui penyajian hasil penelitian berdasarkan fakta yang diperoleh dari observasi dan wawancara serta teori dalam bentuk uraian deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat beberapa hal yang belum terpenuhi dari tujuh kriteria standar hotel syariah yang terdapat dalam fatwa DSN-MUI. Namun demikian, titik penting dari penyediaan layanan syariah di hotel Andita Syariah adalah sebagai wujud pemberian dukungan dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan menerapkan prinsip syariah melalui bisnis dan ekonomi syariah.

This research is based on the phenomenon of many sharia-labeled hotels popping up in Indonesia but it is indicated that only a few meet the criteria of sharia hotels contained in the fatwa DSN-MUI No.108/DSN-MUI/X/2016, so they do not have halal certification, including hotels andita syariah surabaya. The purpose of this research is to describe the concept of sharia according to the manager of the Andita syariah hotel, explain the application of sharia principles in the Andita Syariah hotel and analyze the management practices at the Andita Syariah hotel based on the fatwa. Qualitative-descriptive approach is used by the author as a method in research through the presentation of research results based on facts obtained from observations and interviews and theories in the form of descriptive descriptions. The results of the study found that there are several things that have not been fulfilled from the seven criteria of sharia hotel standards contained in the DSN-MUI fatwa. However, an important point of providing sharia services at the Andita sharia hotel is as a form of providing support in an effort to increase faith and piety by applying sharia principles through sharia business and economy.

References

Abdullah, Ma’ruf, Manajemen Bisnis Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Ahmad Kamaludin, Undang dan Muhammad Alfan dan Muhammad Alfan, 2010, Etika Manajemen Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Amin, Ma’ruf, Fatwa dalam Sistem Hukum Islam, Jakarta: Elsas, 2008.

Asmuni dan Siti Mujiatun, Bisnis Syariah Suatu Alternatif Pengembangan Bisnis yang Humanistik dan Berkeadilan, Medan: Perdana

Publishing, 2016.

Basrowi dan Suwardi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineke Cipta, 2008.

Djakfar, Muhammad, Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi, Malang:UIN-Maliki Press, 2017.

Fatwa Dewan Syariah Nasional Mejelis Ulama Indonesia No.108/DSNMUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah

Haroen, Nasrun, Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.

Ismail Yusanto, Muhammad, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta:Gema Insani Pers: 2002.

Ismanto, Kuat, Manajemen Syariah Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Mardani, Hukum Bisnis Syariah, Jakarta : Prenadamedia Group, 2014.

Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta: Ekunisia, 2004.

Muslich, Etika Bisnis Islami: Landasan Filosofis, Normatif, dan Substansi Implementatif, Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomin UII, 2004.

Nur Aisyah, Khusnul, “Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berbasis Syariah Terhadap Usaha Perhotelan Di Ponorogo”.(Ponorogo: Skripsi: Tidak diterbitkan, IAIN Ponorogo 2018).

Purhantara, Wahyu, Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu,2010.

Sofyan, Riyanto. Bisnis Syariah, Mengapa Tidak? Pengalaman Penerapan Pada Bisnis Hotel, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press. 2002

Ali Shabri, Fahrudin,“Perkembangan Hotel Syariah di Indonesia, Mengonsep Pariwisata Islami”, Karsa, Vol. XVIII No. 2 Oktober 2010.

Baharuddin, Zamakhsyari dan Fahadil Amin Al Hasan, Perkembangan Hotel di Indonesia (Studi Kasus Pengembangan Hotel Syariah di

Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat), Al-‘Adl, Vol.11 No.1, Januari 2018.

Chookaew, S. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country, Journal of Economics, Business and Management, Vol. 3, No. 7, July 2015.

Gilang Widagyo, Kurniawan, “Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia” The Journal of Tauhidinomics, Vol. 1 No. 1 2015.

Hamzah Muhtar, Evan, “Konsep Hukum Bisnis Syariah Dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah Ayat 168-169 (Kajian Tematis Mencari Rizki

Halal)”, Ad-Denar,Vol 2, No 02. 2018.

Idil Ghufron, Moh., “Konsep Maslahah Maximizer Pada Hotel Syariah Perspektif Etika Bisnis Islam”, Islam Nusantara, Vol. 01 No. 02, Juli - Desember 2017.

Mujib, Abdul, “Analisis terhadap Konsep Syariah pada Industri Perhotelan di Indonesia”, Asy-Syir’ah, Vol. 50 No. 2, Desember 2016.

Nawawi, Ismail, “Manajemen Syariah: Sebuah Pemikiran, Wacana dan Realita”, Al-Qānūn, Vol. 13, No. 2, Desember 2010.

Norvadewi, Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif), Al-Tijari, Jurnal, Vol. 01, No. 01, Desember 2015

Nur Zaroni, Akhmad, “Bisnis dalam Perspektif Islam: Telaah Aspek Keagamaan dalam Kehidupan Ekonomi”, Mazahib, Vol. IV, No. 2, Desember 2007.

Nurmaydha dkk, “Pengembangan Konsep Model Sistem Jaminan Halal Pada Restoran (Studi kasus Unida Gontor Inn Universitas Darussalam Gontor)”, Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 19 No. 3 Desember 2018.

Riyadi, Fuad, “Urgensi Manajemen dalam Bisnis Islam”, BISNIS, Vol. 3, No. 1, Juni 2015

Setia Permana, Irfan, Penerapan Pemerintah Tentang Hotel Syariah (Implementasi Permen Parekraf No. 2 Tahun 2014 tentang Hotel

Syariah, studi kasus pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung). TEDC Vol. 12 No. 3, September 2018.

Tri Ratnasari, Ririn, “Shariah Hotel Assessment Tool: Pengembangan Model Audit Pada Hotel Syariah”, JEB, Vol. 10, No. 3, November 2016.

Widyarini, Pengelolaan Hotel Syariah di Yogyakarta, EKBISI, Vol. VIII, No. 1, Desember 2013. http://industri.bisnis.com/read/20180511/12/

/wisata-halal-makin-hebohhotel-syariah-di-Indonesia-kurangsertifikasi.

https://www.gatra.com/rubrik/ekonomi/3268 53-pertumbuhan-hotel-halal-terusmeroket.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Muflihatul Bariroh. (2020). PRAKTIK PENGELOLAAN PRINSIP SYARIAH DI HOTEL ANDITA SYARIAH SURABAYA BERDASARKAN FATWA DSN-MUI NOMOR 108/DSN-MUI/X/2016 (Sharia Principles Management Practices at Andita Syariah Hotel Surabaya Based On DSN-MUI Fatwa Number 108/DSN-MUI/X/2016). Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law, 4(1), 18–39. https://doi.org/10.30762/q.v4i1.1965

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.